Cara Efektif Kalibrasi Baterai Smartphone Dengan Benar Semoga Jadi Hemat

 Cara kalibrasi baterai android secara benar dengan root dan tanpa root hanya menggunakan  Cara Efektif Kalibrasi Baterai Smartphone Dengan Benar Agar Makara Hemat
Cara kalibrasi baterai android secara benar dengan root dan tanpa root hanya menggunakan sebuah aplikasi bettery calibration. Bagi anda user android pastinya akan menjumpai dengan persoalan ini yaitu problem pada baterai yang semakin usang akan semakin berkurang daya kapasitasnya. Oleh sebab itu anda memerlukan sebuah tips semoga baterai kau tetap irit hanya dengan cara mengkalibrasi batre.

Apa itu kalibrasi? Bagi kalian yang masih awam memegang handphone, anda tidak tau mengenai hal ini bukan? Sebelum menginjak ke inti artikel ini akan baiknya mengenal dahulu perihal pengertian kalibrasi. Menurut sumber acuan saya kalibrasi ialah suatu proses pengecekan serta pengukuran akurasi/ akurat dengan menggunakan alat ukur tertentu.

Sistem kerjanya ialah dengan cara membandingkan dengan basic/ standar tolak ukur baterai. Kalibrasi ini diperlukan dengan pertanda bahwa hasil dari pengukuran yang dikehendaki secara akurat serta konsisten dalam instrumen lainnya.

Pada kesempatan kali ini anda akan mencicipi bahwa baterai android akan lterasa menyerupai gres lagi dengan kata lain lebih fresh hanya menggunakan proteksi aplikasi battery calibration (diundung pakai playstore).

Tips Agar Peforma Baterai Lebih Hemat


Saya akan membagikan sedikit pengalaman saya dalam mengkalibrasi baterai dengan cara manual dan menggunakan aplikasi (otomatis).

Baca Juga : Handphone mendadak restart sendiri? Cara Ini akan mengatasinya

Cara Manual


  • Charge hp anda menyerupai biasanya dan usahakan baterai harus penuh 100%. Ingat sob, hp masih dalam keadaan menyala. 
  • Setelah penuh, matikan hp sobat. Ketika dalam keadaan mati, colokan charger ke hp sahabat dan diamkan hingga baterai bener - bener dalam keadaan penuh.
  • Cek hp sahabat apakah sudah penuh, bila sudah hidupkan kembali hp sahabat lalu cas kembali hingga penuh 100% dan jangan dimainin terlebih dahulu.
  • Setelah terisi full, silakan sahabat mainkan hp nya untuk browsing, nonton video, chatting dan lain sebagainya hingga baterai android benar-benar habis hingga mati hpnya.
  • Sudah mati? Diamkan sejenak selama 10 menit hingga 15 menit semoga mesin tidak kepanasan lagi (dalam proses pendinginan).
  • And now, charger hp sahabat hingga full 100%. Cas hingga penuh pokoknya harus 100 persen semoga android sanggup seger kembali gres boleh dinyalain lagi dan rasakan perbedaannya.

Setelah melaksanakan tahap diatas android sahabat sudah terkalibrasi dengan cara manual. Selanjutnya sahabat sanggup saja mencoba cara mudah ini bila anda tidak mau ribet dalam menangani batre cepat habis.

Memakai Aplikasi Calibration


  • Download terlebih dulu aplikasi current widget: batery monitor. SObat sanggup mengunduhnya di toko aplikasi.
  • Pasang widget aplikasi tersebut di homescreen.
  • Cas hp sahabat hingga penuh 100%, dan tunggu hingga angka pada widget app tersebut mengatakan angka yang optimal pada kapasitas betarai sobat.
  • Kemudian cabut cas casannya, sesudah itu reboot hp sobat.
  • Setelah semuanya tamat dan anda sudah mengikuti tutorial diatas maka semuanya akan teratasi serta android kalian udah merasa terkalibrasi dan tidak terdapat masalah.


Menggunakan Recovery CWM dan TWRP

Bagi pengguna hp rooting tidak ada salahnya melaksanakan teknik ini yaitu mengembalikan fungsi dari komponen utama baterai menggunakan sistem recover. Anda sanggup me-root hp menggunakan kingoroot.

  • Anda harus masuk ke recovery dengan menekan tombol volume down (-) + power, cara ini dilakukan secara beberangen/ bersamaan.
  • Setelah masuk, maka recovery menampilkan beberapa sajian pilihan anda sanggup menentukan advanced section.
  • Kemudian akan ada beberapa sub sajian pilihan, anda pilih saja opsi "clear static batery". Hal ini akan membersihkan kalibarsi sebelumnya bila sebelumnya sudah menggunakan teknik ini.
  • Sudah tamat pada tahap recovery, lanjut ke pengisian daya bettery. Cas dalam keadaan mati hingga battery penuh, dan pastikan bahwa battery terisi penuh dengan benar.
  • Setelah penuh, hidupkan kembali hp sahabat hingga masuk homescreen, lalu buka aplikasi "Battery Callibration" (sebelumnya anda perlu mendownloadnya).
  • Tap pada tombol tengah, terus app tersebut akan meminta perinta untuk mengizinkan supersu/ superuser, klik accept saja. Tunggu hingga proses selesai, tidak usang memproses akan ada pesan muncul yang memnginformasikan kepada kita bahwa proses ini telah berhasil.Tap pilihan "OK" barengan dengan cabut cas dari colokan.

Demikian artikel ini semoga anda sanggup mengatasi android sahabat supaya mendapat peforma maksimum dalam keadaan normal kembali hanya dengan satu tap menggunakan aplikasi. Tunggu artikel menarik lainnya semoga sahabat sanggup menemukan tips dan trik smartphone. Selamat mencoba!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel