Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal

 Kemampuan dasar menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal
Kemampuan dasar menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan. Tugas yang diberikan untuk menjadi seorang teknisi tidaklah mudah, anda harus bisa berbahsa inggris juga lantaran didalam pengoperasian komputer atau laptop dituntut untuk bisa membaca kalimat yang ada dilayar monitor dalam bahasa inggris.

Punya cita - cita sebagai teknisi handal dibidang It khususnya PC? Tidak perlu khawatir lantaran disini aku akan membagikan ulasan mengenai kelima dasar yang wajib anda miliki dikala mau terjun kedalam bidang teknisi.

Tehnisi komputer dibagi menjadi beberapa yaitu kemampuan untuk memperbaiki software, hardware (motherboard, monitor, CPU, dan komponen lainnya) serta jaringan misal menangani permasalahan jaringan LAN, wifi terputus, kabel LAN rusak, routernya rusak dan sebagainya.

Baca : Fungsi Tombol Shortcut F5 Dalam Keyboard

Apa yang perlu disiapkan selagi kita masih dalam tahap mencar ilmu atau dikategorikan sebagai seorang pemula (awam). Berikut penjelasannya:
  1. Anda dituntut supaya mengetahui bagaimana sih macam - macam komponen komputer yang ada didalamnya, baik itu software maupun hardware.
  2. Wajib banget untuk Anda mengetahui troubleshooting dalam setiap kerusakan yang dialami.
  3. Mempunyai kemampuan setidaknya sanggup menghubungkan perangkat keras dari satu komponen ke komponen lainnya.
  4. Tidak hanya instalasi OS Windows, Anda harus bisa meng-instalasi sistem operasi Linux.
  5. Mempunyai bekal berbahasa inggris walaupun hanya basicnya saja.
Santai, sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kalau sahabat menyiapkan segelas kopi atau teh plus cemilan nya yang akan menjadi obat penawar pusing. Lho, ko? Iya, karena  mencar ilmu teknisi Komputer itu pusing.

Masih mau jadi teknisi?

Walaupun memahami seluk beluk komputer bagi aku langsung sangat pusing, tetapi menjadi seorang teknisi komputer itu sangat menyenangkan. Alasannya sudah jelas,  mirip tanggal 14 purnama cahaya bulan. Cerah pokoknya.

Alasan pertama yang menyenangkan pastinya kita bisa membantu orang lain. Kedua, yang menyenangkan menjadi seorang teknisi ialah untuk memperdalam dan mengasah ilmu. Dan ketiga, alasan paling berpengaruh yang menjadi motivasi utama ialah ternyata menjadi spesialis di bidang komputer itu bisa menghasilkan uang.

Baca : Fungsi Shortcut Dalam Microsoft Excel, Lengkap!

Nah, itulah ke-3 alasan yang menciptakan aku langsung mau menggeluti dunia komputer. Disatu sisi menghasilkan uang, sedangkan di sisi lainnya ilmu kita juga bermanfaat bagi orang lain.  Sesimpel itukah?

Pastinya tidak sob, semuanya butuh proses yang panjang dan sedikit menguras waktu serta tenaga. Jika sahabat juga ingin mengikuti jejak para teknisi sukses, setidaknya sahabat dituntut untuk mempunyai 5 kemampuan dasar teknisi komputer yang akan aku uraikan dibawah. Sok dipahami.

5 Syarat Menjadi Praktisi PC (Personal Computer)


1. Mengeti Bahasa Asing/ Inggris


 Kemampuan dasar menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal

Hal pertama yang harus dikuasai seorang teknisi ialah mengerti bahasa Inggris. Yang aku maksud disini bukan berarti harus fasih yah. Setidaknya kita harus mengerti apa maksud dari kode-kode, apa maksud dari nama-nama komponen/hardware yang ditulis dalam bahasa Internasional yaitu Inggris.

Semua alat service serta komponen pastinya hanya memakai bahasa asing, tidak ada yang memakai bahasa Indo. Walaupun kita sama sekali tidak bisa bahasa Inggris mirip penulis, namun sedikitnya kita dituntut untuk mengerti. So, Mengertilah….

2. Jadilah Pribadi Yang Dapat Dipercaya


 Kemampuan dasar menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal

Tuntutan ke-2 yang harus dikuasai seorang teknisi komputer ialah sanggup mengemban amanah ( amanah )

Walaupun kita jago menjadi seorang teknisi komputer, namun kalau kita tidak sanggup dipercaya, semuanya akan sia-sia alias di blacklist oleh para calon pelanggan. Untuk tips nya, simple sih.
  • Jadilah langsung yang mau di Kritik
  • Sabar dan layani pelanggan dengan baik
  • Kumpulkan semua data-data kritikan, saran, serta komplain pelanggan dan jadikan satu pelajaran 
3. Tidak Gaptek Teknologi


 Kemampuan dasar menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal

Seorang teknisi komputer juga dituntut untuk tidak gaptek soal perkembangan teknologi. Mau nggak mau, hafal nggak hafal, pastinya kita harus mau dan Update soal perkembangan teknologi massa kini. Kita semua tahu, semakin hari kemajuan teknologi semakin pesat.

Imbasnya beberapa hardware komputer dan juga software komputer juga ikut berkembang. Masa iya, kita sendiri yang notabe nya seorang teknisi monoton di satu-satu aja. Kan nggak lucu, kita harus sering-sering berselancar di google guna mendapat kabar terbaru ihwal teknologi. Khususnya di bidang Komputer. Alasan nya terperinci ialah untuk meningkatkan kualitas diri.

4. Mengetahui Seluk Beluk Komputer


 Kemampuan dasar menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal

Kalo yang ini ialah hal yang mutlak untuk dikuasai seorang teknisi. Mengetahui seluk beluk komputer, mengetahui aktivitas dasar suatu komputer. Mengetahui software serta hardware komputer. Dan bagian-bagian penting lain yang ada dalam perangkat PC.

Baca : Pengertian dan Fungsi CPU Dalam Komponen Dasar PC

Semuanya bisa kita pelajari, namun pastinya butuh waktu yang tidak singkat. Untuk memahami lebih lanjut ihwal komputer alangkah lebih baik kalau sahabat baca dulu Pengertian Serta Fungsi Dasar Komputer.

5. Pantang Menyerah


 Kemampuan dasar menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan Memiliki 5 Kemampuan Dasar Sebelum Menjadi Teknisi Komputer Handal

Terakhir, kemampuan yang harus di kuasai teknisi ialah pantang menyerah. Gagal dan berhasil ialah tergantung dari upaya kita selama berusaha. Nah, disini kita sanggup menyimpulkan, bahwa proses takkan pernah mengkhianati hasil. Maka dari itu, tak ada kata gagal selagi kita bisa berusaha.

Point Penting Harus Dimiliki Seorang Praktisi Komputer

  1. Belajar dari segi pengalaman yang anda miliki dan training khusus misal kursus.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam konsisi trouble gres yang nantinya Anda bakal menhadapi situasi mirip ini.
  3. Disiplin waktu biar costumer anda yakin bahwa kinerja dalam menangani permasalahan customer sanggup terselesaikan sempurna waktu.
  4. Keahlihan dalam berkomunikasi juga penting lantaran dalam menghadapi pelanggan anda harus bisa menangkap apa yang mereka bicarakan mengenai persoalan pada perangkatnya.
  5. Memiliki keahlihan berpikir logis dan kreatid lantaran hal ini sangat penting biar Anda sanggup menjelaskan yang baik dan benar dikala sedang berhadapan dengan pelanggan.

Penutup

Demikian ulasan singkat aku mengenai cara menjadi teknisi komputer danahli dalam bisa IT, kiprah dan tanggung jawab sudah aku jabarkan untuk meminimalisir kesalahan yang sedang dihadapi seorang praktisi PC.

Mempunyai bekal mencar ilmu yang cukup dalam sistem operasi software dan hardware, itu udah menjadi basic seorang praktisi lantaran di dalam mencar ilmu kedua perangkat tersebut anda sudah diajarkan sebagaimana memasang dan menginstalasi komponen untuk mengoperasikan suatu komputer bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel