3 Cara Cek Fps (Frame Rate) Game Pc / Laptop Dengan Mudah

Sobat hobi main game? Game yang sobat mainkan lancar atau patah-patah (lag) ? Game yang sobat mainkan lancar? Yakin nih lancar? Berapa FPS yang didapat?

Ya, aneka macam orang yang hanya bilang lancar-lancar tapi tidak tahu berapa FPS yang mereka sanggup di-game. Padahal ada patokan tersendiri untuk mengetahui seberapa lancar ketika kita main game.

 Game yang sobat mainkan lancar atau patah 3 Cara Cek FPS (Frame rate) Game PC / Laptop Dengan Mudah


Di pengalaman aku sendiri dulu ada sobat yang main game di laptopnya. Dia bilang "Wah, lancar nih game di laptop, keren lagi gamenya". Ketika aku cek sendiri, ternyata masih patah-patah.

Dan disini kita tahu, bahwa lancarnya permainan game itu relatif. Tergantung pendapat masing-masing.

Nah, tapi tentu itu hanya untuk orang yang tidak tahu apa itu FPS:

FPS gotong royong ada dua arti jikalau di game. Pertama, FPS (First person shooter), yakni game shooting (tembak-tembakan).

Tapi FPS yang dimaksud disini yakni kependekan dari Frame rate per second. Yaitu angka yang sanggup kita gunakan untuk mengukur seberapa lancar kita bermain game.


Apa itu FPS?


Untuk definisi, dari yang aku baca..

FPS yakni kependekan dari frame rate per second. Yaitu angka untuk mengukur performa keseluruhan dari sebuah kartu VGA, sebagai acuan. Frame rate, yakni jumlah gambar yang ditampilkan setiap detik untuk ditampilkan tiap detik untuk menciptakan gambar bergerak. Semakin tinggi angka FPS yang didapat, semakin halus pula gambar / gerakan yang kita dapat.

Mungkin agak kurang sempurna alasannya yakni sumbernya kurang terpercaya. Tapi untuk aku ini masuk diakal.

Mengukur FPS sendiri selain untuk dijadikan pola lancar tidaknya game yang akan dimainkan, juga untuk mengatur setting grafis terbaik dengan gerakan yang halus.

Biasanya tipe begini, yakni tipe gamer spek tengah-tengah atau gamer yang speknya pas-pasan (seperti saya).


Berapa ideal FPS yang harus didapat untuk menerima kelancaran dalam bermain game?



Patokan FPS yang didapat, ada beberapa. Yaitu:

  • 10 - 20 FPS = Game sangaat lag. Sobat akan pusing memainkannya. 
 
Saya pernah main game yang relatif berat di jamannya (tahun 2010) dengan laptop low-end jadul. Ketika di tes, FPS yang aku sanggup hanya 18 hingga 19 FPS. Itu patah-patahnya sangat parah.

  • 20 - 30 FPS = Game masih lag, gerakan sedikit lebih lancar dibanding sebelumnya. Tapi masih tidak cocok untuk mainkan.

Kalau ini masih sama. Dulu aku main satu game open world di laptop saya. Dengan setting full low resolusi terendah. Average FPS nya sekitar 26.. Gerakannya lambat. Paling parah jikalau lagi dikejar polisi.

  • 30 - 40 FPS = Game sudah memasuki kategori lancar. Masih ada patah-patah di beberapa bagian. Tapi sudah cukup playable.

Di PC spek usang saya. Saya sering sekali sanggup FPS 30 - 40. Game yang dimainkan lancar. Lag tidak begitu sering.

  • 40 - 50 FPS = Game sudah memasuki kategori sangat lancar. Lag mungkin akan terjadi, tapi jarang.
 
Kalau ini aku sering sanggup di game-game 2014 kebawah. Game yang dimainkan tidak ada dilema lag sama sekali. Paling jikalau ada scene waktu lagi ramai, jadi lag (karena drop).

  • 50 - 60 FPS = Game sudah memasuki kategori super lancar. Tidak ada gerakan patah-patah sama sekali. Kecuali FPS yang didapat drop tiba-tiba.

Kalau aku pribadi hampir tidak pernah sanggup 50 FPS keatas. Karena PC yang aku pakai termasuk kategori low-end. Paling banyak mentok di 40-50 FPS saja.


Sst, untuk sobat yang gamenya ngelag. Bisa baca artikel berikut: Cara efektif mengatasi game PC / laptop yang ngelag


Bagaimana cara untuk mengukur FPS?



Di artikel aku sebelumnya di cara merekam game untuk youtube. Disana tertulis cara merekam game, tapi juga kita sanggup menerima FPS untuk ditampilkan. 

Tapi di artikel ini, aku akan memperlihatkan cara untuk cek FPS di game secara khusus. Hanya dengan 3 cara:

Berikut caranya:


1. Cara cek FPS di game dengan FRAPS

 

 Game yang sobat mainkan lancar atau patah 3 Cara Cek FPS (Frame rate) Game PC / Laptop Dengan Mudah



FRAPS, yakni mini software yang banyak dipakai para gamer untuk men-screenshots game, merekam game menjadi video, dan tentu saja untuk mengecek FPS pada game.

Cara untuk mengecek FPS di game dengan FRAPS sendiri sangat mudah. Pertama dapatkan dulu FRAPS di situs resminya, www.fraps.com kemudian pasang aplikasinya.

Buka FRAPS, kemudian buka game yang ingin dimainkan.

Nah, coba cek di pojok atas layar.. Akan terdapat angka yang berubah-ubah. Itu yakni FPS yang sobat dapat.


2. Cara melihat FPS di game dengan Bandicam

 

 
 Game yang sobat mainkan lancar atau patah 3 Cara Cek FPS (Frame rate) Game PC / Laptop Dengan Mudah


Bandicam, yakni software kecil sama dengan FRAPS. Fungsinya pun sama, yaitu untuk merekam game jadi video, men-screenshots game dan melihat FPS yang didapat di game.

Cara pakainya juga sama, dapatkan dulu bandicam di www.bandicam.com kemudian install dan buka aplikasinya.

Setelah aplikasi terbuka, kemudian buka game yang ingin sobat mainkan. Lalu lihat di pojok atas layar, itulah FPS yang sobat dapat.


Note - Sebelum lanjut:


Angka FPS yang aku maksud, yakni menyerupai ini:


 Game yang sobat mainkan lancar atau patah 3 Cara Cek FPS (Frame rate) Game PC / Laptop Dengan Mudah


Kalau angka warna kuning menyerupai gambar diatas belum keluar di game sobat. Berarti softwarenya belum jalan / belum terdeteksi.


3. Mengecek FPS di game tanpa software

 

 Game yang sobat mainkan lancar atau patah 3 Cara Cek FPS (Frame rate) Game PC / Laptop Dengan Mudah
Contoh game yang mendukung 'fitur' benchmark eksklusif di gamenya.

Sebenarnya, tanpa software pun sobat sanggup mengecek eksklusif FPS yang didapat di game. Ada game yang mendukung pengecekan FPS yang dipasang eksklusif di sistem internal data game.

TAPI, tidak semua game mempunyai sistem untuk mengecek FPS menyerupai ini. Biasanya, pengecekan FPS bawaan game ini tersedia opsinya di setting grafis. Untuk melihat ada atau tidaknya, silakan cek sendiri di game yang sobat mainkan.


Nah, sekian.. gampang bukan cara mengecek FPS (frame rate) yang didapat di game? 3 cara diatas yakni 3 dari banyak cara yang berdasarkan aku paling gampang untuk melihat FPS yang didapat.

Untuk software lainnya, silakan bereksperimen sendiri. Yang penting sanggup dipakai untuk patokan berapa FPS yang didapat.

Mungkin itu saja, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel