Cara Mengatasi Layar Burn-In Di Seluruh Xiaomi Terbaru

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Layar Burn Cara Mengatasi Layar Burn-In Di Seluruh Xiaomi Terbaru

Cara Mengatasi Layar Burn-In Di Seluruh Xiaomi Terbaru - Xiaomi populer mahir dalam meracik smartphone dengan spesifikasi yang unggul namun dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Permasalahannya, cukup banyak pengguna yang merasa kecewa dengan apa yang ia sanggup ketika menggunakan ponsel Xiaomi untuk penggunaan sehari-hari. Salah satunya yang sudah sangat umum dibahas di banyak sekali lembaga yakni gosip screen burn-in pada smartphone mid-range Xiaomi menyerupai Mi A1 dan Redmi Note 4.

Screen burn-in, screen ghosting, atau layar terbakar terjadi ketika kau membuka sebuah aplikasi dalam waktu yang cukup lama, kemudian ketika kau keluar dari aplikasi tersebut, gambar tampilan aplikasi yang sebelumnya di buka tetap terlihat di layar. Mungkin gambar hanya akan terlihat beberapa ketika saja, sesudah itu perlahan-lahan akan hilang dengan sendirinya.

Screen burn-in bukan berarti layar smartphone Android Xiaomi milikmu terbakar secara fisik. Untuk pemakaian normal pun juga bahwasanya tidak memperlihatkan dampak yang signifikan. Hanya saja jikalau hal itu terjadi terus-menerus, tentu sanggup menciptakan kenyamanan pengguna terganggu.

Hingga kini masih banyak perdebatan yang mempertanyakan apakah screen burn-in ini muncul akhir faktor hardware atau software. Well, secara prinsip, seluruh smartphone Android niscaya menggunakan layar LCD. Namun tidak semua mengalami problem retensi gambar alias screen burn-in semacam ini. Faktanya, gosip 'layar terbakar' sanggup diakali dengan menggunakan aplikasi yang dibentuk khusus untuk mengatasi screen burn-in di ponsel Android. Jadi sudah terperinci bahwa kasus ini bahwasanya terjadi akhir produsen (dalam hal ini Xiaomi) kurang maksimal dalam melaksanakan kalibrasi display smartphone buatan mereka.

Sejujurnya saya pribadi selama menggunakan smartphone Xiaomi mulai dari Redmi 1S, Redmi Note 4G, Redmi Note 3 PRO, Redmi 5A, hingga Redmi Note 5 belum pernah sekalipun mengalami kasus diatas. Justru salah satu teman saya yang pada final tahun 2017 kemudian membeli Redmi Note 4 belakangan ini mengalami screen burn-in.

Ingin tampilan WhatsApp mu menjadi ala iPhone X? Gampang. Baca artikel Cara Pasang WhatsApp MOD Ala iPhone X di Android Tanpa Root Terbaru

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Layar Burn-In Di Seluruh Smartphone Xiaomi Paling Ampuh Terbaru

Note: Meski pada artikel ini yang dibahas seputar burn-in pada smartphone buatan Xiaomi, kau juga sanggup mengaplikasikannya ke ponsel Android buatan merk lain. Untuk selengkapnya simak ulasan berikut.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa layar burn-in terjadi ketika pengguna berlama-lama pada satu tampilan halaman aplikasi saja. Beberapa cara mengatasi kasus ini yang sanggup kita coba dengan gampang diantaranya:

1. Atur kecerahan / brightness
Bisa dipastikan seluruh smartphone Android mempunyai fitur Adaptive Brightness atau Automatic Brightness, termasuk smartphone Xiaomi. Fitur ini berkhasiat untuk mengubah kecerahan layar mengikuti pencahayaan yang ada di lingkungan sekitar secara otomatis.

Mengatur brightness ke tingkat tertentu sesuai dengan kondisi cahaya yang ada terbukti sanggup mengurangi pengaruh burn-in yang sering muncul. Sayangnya, fitur kecerahan otomatis ini biasanya tidak berjalan sesuai ekspektasi. Terkadang di kondisi kurang cahaya justru layar menjadi amat sangat terang, sedangkan dikondisi kurang cahaya layar menjadi sangat gelap.

Untuk mengatasi hal itu, kau sanggup mencoba aplikasi pihak ketiga untuk mengatur kecerahan layar. Beberapa aplikasi pengatur brightness Android terbaik yang sanggup kau coba antara lain:
Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Layar Burn Cara Mengatasi Layar Burn-In Di Seluruh Xiaomi Terbaru

Xiaomi kesayanganmu boros baterai dan sering ngedrop? Baca artikel Tutorial Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Boros Dan Cepat Habis Paling Ampuh Terbaru
2. Kurangi screen timeout
Mengurangi screen timeout bertujuan semoga layar ponselmu sanggup padam dengan cepat. Secara logika, semakin cepat layar mati maka stress yang diterima panel display juga akan berkurang sehingga sanggup menghambat screen burn-in yang biasa terjadi.

Kurangi screen timeout smartphone Xiaomi milikmu antara 15 detik hingga 30 detik. Saya pribadi biasanya hanya 15 detik saja dan itu sudah cukup usang sebetulnya.

3. Mengatasi 'layar terbakar' dengan aplikasi
Jika diatas tadi kita menggunakan aplikasi pelengkap untuk mengatur brightness, kali ini kita menggunakan aplikasi lain yang memang dibentuk untuk memperbaiki burn-in pada layar, namanya LCD Burn-in Wiper. Cara kerja aplikasi ini secara umum yakni melaksanakan stress test pada layar selama kurun waktu tertentu.

Ketika aplikasi LCD Burn-in Wiper ini bekerja, layar Android milikmu akan berubah-ubah warnanya dari yang awalnya merah menjelma biru kemudian kuning dan seterusnya. Dengan melaksanakan stress test ini selama beberapa saat, layar ponselmu yang sebelumnya burn-in akan pulih dengan sendirinya.

Unduh aplikasi tersebut disini: LCD Burn-in Wiper v5.0 APK

Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Layar Burn Cara Mengatasi Layar Burn-In Di Seluruh Xiaomi Terbaru

Baik, itu saja cara mengatasi dan memperbaiki screen burn-in / ghosting di smartphone Xiaomi dan ponsel Android lain yang sanggup kau coba. Cara diatas sudah diuji di ponsel Xiaomi yang mengalami burn-in jago dan beruntungnya sanggup eksklusif teratasi ketika itu juga tanpa menunggu waktu lama.

Sebetulnya masih ada cara lain lagi yang sanggup kau lakukan, diantaranya memperbarui ROM ke versi paling akhir, mengganti custom ROM yang lebih stabil dan mempunyai fitur control display, melaksanakan tweaking kernel, dan lain sebagainya. Namun dalam banyak kasus, tiga cara yang sudah disebutkan diatas terbukti manjur dalam mengatasi screen burn-in yang membandel.

Isi kolom komentar dibawah jikalau ada hal yang ingin kau tanyakan. Jangan sungkan untuk request tutorial Android serupa jikalau kau membutuhkannya. Satu lagi, share artikel ini menggunakan tombol sharing yang tersedia jikalau menurutmu berguna.

Bingung akhir-akhir ini gak sanggup login Spotify Premium Mod? Baca Cara Memperbaiki Spotify Premium Mod Tidak Bisa Login Paling Praktis Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel