Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected Di Android Paling Mudah

Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah - Tutorial singkat ini akan membahas bagaimana cara termudah memperbaiki error "Screen Overlay Detected" yang umumnya terjadi pada seluruh perangkat Android baik itu perangkat yang menggunakan versi Android keluaran usang maupun yang baru.

Pada dasarnya, mempelajari segala sesuatu itu caranya mudah. Yang jelas, pahami basic nya terlebih dahulu kemudian praktikkan. Hal itu juga berlaku ketika kita mempelajari cara menggunakan smartphone. Balita yang gres berumur satu tahun pun kini sudah cendekia menonton video di YouTube tanpa perlu pertolongan orang tuanya.

Hampir seluruh pengguna smartphone niscaya pernah mengalami situasi dimana smartphone tersebut hang, freeze, tidak dapat dioperasikan tanpa diketahui penyebabnya, bootloop tidak dapat masuk ke sistem, kehilangan data-data penting di smartphone dan lain-lain. Jika sudah demikian, biasanya kita hanya dapat pasrah kemudian pergi ke tukang servis untuk memperbaikinya.

Sebetulnya, error pada perangkat ber-sistem operasi itu tidak selalu memerlukan penanganan yang serius. Kamu dapat mencoba memperbaikinya sendiri sebelum menyerahkannya ke pihak yang lebih expert.

Terkadang jasa servis yang kau percaya itu lebih menentukan mengambil jalan pintas tanpa terlebih dahulu melaksanakan troubleshooting contohnya hanya sebab aplikasi kamera Android mengalami crash (force close) setiap kali dibuka, mereka eksklusif melaksanakan flashing ulang firmware / ROM. Memang, cara itu mungkin terbukti manjur tapi konsekuensinya seluruh data smartphone kau hilang. Padahal ada cara yang lebih simpel menyerupai clear data & cache aplikasi terkait, update aplikasi di Google Play Store, mencoba aplikasi alternaif dan lain-lain. Biaya flashing mahal, data pribadi hilang semua pula. Apes.

Satu kasus yang tidak semua orang dapat memperbaikinya sejauh ini yaitu error screen overlay detected. Biasanya error tersebut muncul ketika pengguna mempunyai aplikasi floating menyerupai Facebook Messenger, CleanMaster, Lux, Twilight dan masih banyak lagi yang lain.

Entah itu merupakan suatu bug atau apa, mungkin aplikasi yang bersangkutan crash dengan aplikasi lain sehingga sistem mengirimkan feedback error tersebut ke pengguna.

Setelah kau mengetahui apa yang menimbulkan error screen overlay detected itu, kini saatnya kita lakukan sanksi untuk menghilangkan pesan error yang mengganggu tersebut.

Baca juga Cara Fix 4G LTE Redmi Note 3 PRO Semua ROM Tanpa Root buat kau pengguna Redmi Note 3 PRO yang 4G nya masih terkunci a.k.a locked

Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah

Pertama, pastikan kau tahu sekiranya aplikasi mana yang mempunyai permission draw over other apps. Untuk mengetahui daftar aplikasi yang terpasang dengan permission tersebut, ikuti langkah berikut.
  • Buka aplikasi Settings
Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Praktis Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah
  • Pilih sajian Apps
Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Praktis Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah
  • Tekan sajian Advanced
Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Praktis Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah
  • Pilih Draw over other apps
Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Praktis Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah
Kedua, cari aplikasi yang sekiranya menjadikan error screen overlay detected ini. Pastikan kau tahu aplikasi mana yang terakhir kali kau pasang dan menimbulkan error ini.

Misalnya pada kasus yang saya alami, sehabis saya memasang aplikasi Screen Balance yang berkhasiat untuk menormalkan warna LCD saya (umumnya LCD smartphone yang saya pakai berwarna kekuningan sehingga untuk menyeimbangkannya saya menggunakan aplikasi Screen Balance tersebut kemudian saya tambah saturasi warna birunya semoga imbang) error tersebut muncul. Padahal sebelumnya tidak pernah ada persoalan apapun selama saya menggunakan smartphone ini.

Untuk kasus yang kau alami, belum tentu sama dengan kasus saya. Kaprikornus identifikasi aplikasi yang terpasang di smartphone Android kamu. Dari banyak sekali sumber menyebutkan bahwa CleanMaster seringkali menjadi dalang dibalik error screen overlay detected ini.

Setelah kau menemukan sumber error nya, kini saatnya untuk menghapus aplikasi tersebut. Kalau tidak, cukup di disable saja melalui sajian Apps itu tadi.

Pastikan semuanya berjalan dengan lancar dan apabila error tersebut sudah tidak muncul, berarti selamat masalahmu telah beres. Ya, hanya itu saja trik nya. Terdengar sepele bukan? Masih mau flashing ulang firmware dengan jasa servis ratusan ribu? Saya ogah.

Demikian cara memperbaiki error screen overlay detected di Android ini. Jika ada saran atau masukan dari kau (misal kau punya metode lain yang lebih efektif untuk memperbaiki error ini) jangan sungkan untuk membagi tips nya di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Oh iya, baca Cara Unlock dan Root Xiaomi Mi A1 Dengan Satu Kali Klik Terbaru khusus buat kau pengguna setia Xiaomi Mi A1 yang kece angin ribut dengan dual camera ganda nya itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel