Cara Meredupkan Layar Laptop Dalam 1 Menit

Laptop mempunyai bermacam-macam spesifikasi yang beragam, dari Processor, Kartu Grafis, Ukuran Layar, Kapasitas penyimpanan dan memori, dan sebagainya. Perbedaan spesifikasi ini akan berefek kepada pekerjaan-pekerjaan yang akan dijalankan.

Kelancaran melaksanakan pekerjaan di laptop, selain bergantung dari spesifikasi, sanggup juga dari ukuran layar.

Semakin besar ukuran layar, dan semakin pas ukurannya, akan menciptakan pekerjaan menjadi lebih cepat, alasannya yaitu secara otomatis mata tidak kesulitan mencari objek ibarat di layar yang terlalu kecil atau terlalu besar.


 Laptop mempunyai bermacam-macam spesifikasi yang bermacam-macam Cara Meredupkan Layar Laptop Dalam 1 Menit


Bukan hanya ukuran layar, tapi kecerahan layar juga harus diperhatikan. Layar yang terlalu cerah, akan menciptakan mata silau dan menjadi cepat lelah. Sedangkan terlalu redup, mata kita akan merasa tidak nyaman dan akan mengalami kesulitan dalam menjalankan pekerjaan yang ada.

Selain dari segi kesehatan, mengatur kecerahan layar pada monitor juga bermanfaat untuk menghemat baterai semoga lebih awet. Kecerahan layar yang rendah, akan mengkonsumsi daya yang lebih sedikit dari baterai. Sehingga pekerjaan yang akan dilakukan dengan baterai tanpa memakai charger akan lebih tahan lama.


Kecerahan monitor laptop, sanggup diatur dengan mudah. Masalahnya adalah, terkadang penempatan brightness laptop berbeda-beda tempatnya.

Apalagi untuk pengguna laptop gres yang masih asing.


Nah, ada cara-cara yang sanggup digunakan untuk meredupkan layar laptop atau mengurangi cahaya pada layar laptop, yang sanggup digunakan di semua jenis laptop (universal).

Berikut caranya:

1. Mengatur kecerahan layar dengan kombinasi tombol keyboard

 

Cara yang sangat umum digunakan untuk mengatur kecerahan pada layar laptop, yaitu dengan penggunaan kombinasi-kombinasi pada keyboard.

Biasanya, produsen laptop selalu menyediakan tombol Fn dan fungsi lain dari tombol F1 hingga F12. Fungsi tombol yang terdapat di F1 hingga F12 ini selain sanggup mengatur kecerahan layar, juga sanggup mengatur yang lain, ibarat bunyi hingga musik.

Produsen laptop, terkadang menciptakan kombinasinya berbeda-beda. Selain tombol F1 hingga F12 , Ada juga yang pada key-pad (arrow keys).


Cara mencarinya sangat mudah, silakan cek tombol laptop sobat, lihat dan cari logo matahari. Logo tersebut yaitu penanda untuk tombol yang berfungsi untuk meredupkan dan membuktikan cahaya layar laptop.

Biasanya akan terdapat 2 tombol dengan logo matahari tadi. Pertama, logo matahari yang besar, yaitu untuk menciptakan layar lebih terang. Sedangkan logo matahari yang lebih kecil, berfungsi untuk meredupkan layar.

 Laptop mempunyai bermacam-macam spesifikasi yang bermacam-macam Cara Meredupkan Layar Laptop Dalam 1 Menit


Cara untuk meredupkannya, Kombinasikan tombol dengan logo matahari tadi dengan tombol FN yang biasanya terletak di erat tombol logo windows atau Alt.

Contohnya ibarat berikut:

FN + F1 / FN + F2
FN + F5 / FN + F6 (Biasanya laptop asus)
FN + F6 / FN + F7 (Biasanya laptop toshiba)

FN + F7 / FN + F8
FN + F1 / FN + F2
FN + Tombol kiri / FN + Tombol kanan (Arrow keys, tombol arah) (Biasanya laptop acer)


Dan masih banyak  lagi, (tergantung produsen laptop).

2. Pengaturan Brightness lewat driver

 

Di VGA AMD,NVIDIA maupun Intel, pada driver di laptop, biasanya tersedia opsi untuk mengatur kecerahan layar laptop. Penempatan brightnessnya mungkin akan berbeda tergantung dari versi driver serta vendor apa yang teman pakai. Tapi, tinggal di cari saja, biasanya ada di tab display.

Pengaturan brightness lewat driver ini sanggup dilakukan saat teman kesulitan mencari tombol hot-keys pada keyboard, atau fungsi mengatur kecerahan layar dengan keyboard tidak berjalan.

Cara ini dulu biasa saya pakai di laptop usang saya.


3. Mengatur kecerahan layar di bab power option Windows

 

Cara terakhir ini sanggup dibilang sangat simpel, sama simplenya dengan 2 cara diatas. Selain lewat kombinasi tombol pada keyboard, maupun lewat driver, kecerahan layar juga sanggup dilakukan dengan setting pribadi pada windows.

Cara ini tersedia untuk versi-versi windows, terutama windows 7, windows 8, windows 8.1 dan windows 10.

Cara untuk meredupkan layar laptop melalui windows ibarat berikut:

Klik Tombol Start -> Pada kotak pencarian, masukkan adjust screen brightness.

Atau Klik Start -> Buka Control panel -> Klik hardware and sound -> buka power option 
Pengguna windows 10 sanggup juga dengan: Klik start -> settings -> System -> Power and sleep -> Aditional power setting


Lalu lihat kebawah (biasanya pada bab kanan), akan tersedia pengaturan layar brightness ibarat berikut:


 Laptop mempunyai bermacam-macam spesifikasi yang bermacam-macam Cara Meredupkan Layar Laptop Dalam 1 Menit


Nah, tinggal geser saja ke kiri untuk meredupkan layar, dan ke kanan untuk mencerahkan layar.

Jika teman tidak menemukan pengaturan brightness layar ibarat diatas, coba buka change plan settings, biasanya disana tersedia.


Demikian, Cara meredupkan layar laptop hanya dalam 1 menit. Tidak perlu satu menit, teman hanya butuh sepersekian detik untuk mengatur cahaya laptop menjadi lebih terperinci atau redup jikalau teman sudah tahu cara aturnya ibarat diatas.

Sekian, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel