6 Cara Mengatasi Laptop Hang / Macet Ketika Gres Startup

Kalau di komputer atau laptop, ada berbagai kata yang dibenci penggunanya. Lemot,Lambat,Macet dan Hang. Karena dengan 4 duduk perkara tersebut, berbagai duduk perkara lain yang akan ditimbulkan. Diantaranya pekerjaan atau kiprah sekolah jadi terhambat.

Laptop hang, kalau melihat dari penyebabnya, sebetulnya banyak sekali. Tapi jangan khawatir, lantaran penyebabnya sanggup di perkecil dengan penyebab utama-utamanya saja.

 ada berbagai kata yang dibenci penggunanya 6 Cara mengatasi Laptop Hang / Macet ketika gres Startup


Penyebab utama dari laptop yang hang banyak. Laptop yang hang juga terjadi di banyak waktu. Ada yang hang ketika booting, startup (saat gres dihidupkan), ada yang ketika main game ada yang ketika ngetik.

Sedangkan penyebab utamanya, terjadi lantaran duduk perkara software atau hardware. Kerusakan windows hingga kerusakan harddisk, biasanya jadi duduk perkara utama penyebab kenapa laptop atau PC teman sering hang.


Sebelum lanjut, perlu diketahui, kalau waktu dari laptop startup, dari nyala hingga masuk Windows itu rata-rata hanya butuh waktu 40 detik hingga 1 menit. Dengan perkiraan spesifikasi standar dan rata.

Diatas itu, (2 menit hingga 3 menit), itu masih termasuk normal, tapi juga termasuk lama. (Masih perkiraan yang sama).

Saya tahu, ketika teman pertama kali beli laptop, pastinya booting laptop nya cepat kan? Kaprikornus kenapa kini laptopnya jadi lemot, bahkan hingga hang? Nah, berikut penyebabnya:


1. File sistem (temporary) yang penuh.

Jangan ribet dengan namanya, anggap saja file sampah. File sampah yang menumpuk pada sistem, akan menciptakan laptop jadi lemot. Dan juga hal ini bekerjasama dengan seberapa cepatnya startup pada laptop.

File sampah pada sistem yang menumpuk terlalu banyak, akan membebani kinerja laptop. Analoginya menyerupai akses air yang banyak sampah. Semakin lama, niscaya akan tersumbat nantinya.

File sampah ini tidak sanggup dihindari, dan selalu ada ketika laptop atau PC teman dipakai.


2. Terlalu banyak aplikasi yang diinstall.

Apa pengaruhnya aplikasi yang diinstall dengan kecepatan startup? Tidak ada hubungannya. Tapi...

Kalau aplikasi yang diinstall tersebut berjalan secara otomatis ketika gres startup, maka sebaliknya. Kaprikornus begini:

Ketika laptop gres dinyalakan, laptop akan memasuki fase bios -> booting -> startup -> loading awal di windows sekaligus aplikasi -> laptop siap digunakan.

Tapi ketika laptop terlalu banyak aplikasi yang ikut startup, jadi begini:

fase bios -> booting -> startup -> loading awal di windows sekaligus loading aplikasi -> loading aplikasi -> loading aplikasi -> loading aplikasi -> laptop siap digunakan.

Kaprikornus sudah paham kenapa startup laptop yang lambat hingga hang gara-gara aplikasi?


3. Harddisk yang rusak.

Harddisk, merupakan media penyimpanan di laptop atau komputer. Harddisk, menjadi komponen vital pada seberapa cepat laptop startup.

Harddisk yang rusak, otomatis akan melambat. Bahkan file pada windows sanggup sulit terbaca, bahkan tidak terbaca.. sehingga startup jadi hang.



Itu saja sob, sedikit kan? Kalau dibahas lagi sebetulnya sanggup lebih panjang, tapi hanya buang-buang waktu saja, lantaran dengan mengatasi 3 penyebab diatas, teman sanggup menciptakan startup laptop atau pc teman cepat kembali.

Nah, untuk cara percepat startup nya.. Kita pribadi mulai caranya:


1. Memakai System Restore pada Windows


Sesuai namanya, System Restore yakni fitur untuk mengembalikan kondisi sistem ke dalam waktu tertentu.

Untuk menggunakan System Restore, teman butuh restore point yang sanggup dibentuk secara manual lewat this pc / my computer.

Kalau belum buat gimana? Jangan khawatir, system restore, biasanya akan terbuat otomatis jikalau teman pernah menginstall aplikasi-aplikasi, terutama aplikasi yang bekerjasama dengan sistem, menyerupai antivirus dan sebagainya.

Kaprikornus ketika teman menginstall antivirus tersebut dan menerima sebuah restore point. kemudian seminggu kemudian laptop teman hang atau lemot. Sobat sanggup mengembalikannya ke kondisi dimana teman gres menginstall / sebelum menginstall antivirus tersebut.


Ada beberapa cara untuk menggunakan system restore, kalau saya lebih suka pribadi lewat boot. Caranya mudah: 

Nyalakan laptop -> sesudah layar bios -> tekan F6 - F7 berulang-ulang atau F8 berulang-ulang hingga ada pilihan-pilihan menyerupai safe mode,repair dan yang lainnya.

Nah, pilih opsi repair ini -> Kemudian cari system restore -> Lalu ikuti saja petunjuk yang ada (Mudah kok).


2. Membersihkan seluruh file sampah yang ada di Windows



Kalau teman tidak mempunyai restore point, teman sanggup skip poin 1 tadi. Yang kedua, caranya dengan membersihkan seluruh file sampah yang ada di Windows.

File sampah atau temporary files, secara otomatis akan dibentuk ketika laptop atau komputer dipakai, kemudian file-file tersebut masuk ke dalam sebuah folder sistem, dan tersimpan semua disana.

File-file ini semakin usang akan semakin menumpuk, bahkan tidak jarang, ada juga file temporary yang tidak terpakai sama sekali.

Lalu bagaimana cara membersihkannya? 

Caranya dengan menggunakan fitur disk cleanup pada drive sistem. Biasanya Drive C: atau menggunakan software pihak ketiga menyerupai CCleaner untuk membersihkannya.


 ada berbagai kata yang dibenci penggunanya 6 Cara mengatasi Laptop Hang / Macet ketika gres Startup

Supaya lengkap untuk dibahas, lebih baik teman lihat ke dalam artikel ini saja: Membersihkan drive C: yang penuh (Dijamin aman).


Kemudian, masih sehubungan dengan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk melaksanakan pencucian pada registry yang menumpuk. Sobat sanggup membersihkannya lewat aplikasi pihak ketiga menyerupai CCleaner atau sejenisnya.


3. Melakukan defragmenter harddisk



Sama menyerupai file sistem, harddisk semakin usang akan semakin menumpuk file-file yang berantakan. File-file ini, akan memberatkan kinerja harddisk sehingga kecepatan harddisk melambat.

Apa hubungannya dengan startup yang hang?

Seperti yang saya bilang tadi, harddisk merupakan komponen vital yang kuat terhadap kecepatan loading OS. Maka dari itu, teman harus menjaga kesehatan harddisk teman selalu.


 ada berbagai kata yang dibenci penggunanya 6 Cara mengatasi Laptop Hang / Macet ketika gres Startup



Nah, Dengan defragment, selain sanggup menjaga biar harddisk tetap sehat, teman juga sanggup merapihkan file-file yang awut-awutan tadi. Caranya, teman hanya perlu menggunakan software defragmenter bawaan Windows maupun software pihak ketiga. Bebas, lantaran fungsinya sama.


4. Disable jadwal startup



Aplikasi yang terlalu banyak terinstall, akan menciptakan startup melambat bahkan hingga macet. Nah, jadi bagaimana kalau seluruh aplikasi tersebut penting?

Sobat sanggup mematikan aplikasi-aplikasi yang ikut meloading ketika startup, caranya dengan membuka MSConfig.

Klik start -> Ketikkan MSConfig -> Masuk tab startup -> Hilangkan centang dari aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Kemudian masuk tab service -> Centang hide all microsoft service -> Silakan hilangkan centang dari aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Khusus pengguna Windows 10, teman sanggup mematikannya lewat task manager.

Dengan ini, aplikasi yang tadi ikut loading ketika startup, menjadi tidak aktif.


5. Cek kerusakan pada harddisk



Kerusakan pada harddisk yakni kerusakan yang paling sering saya alami. Jujur saja, sudah 5 Harddisk saya rusak lantaran listrik rumah saya yang tidak stabil dan sering mati.

Harddisk yang rusak, akan menimbulkan file sistem sanggup jadi tidak terbaca yang sanggup menciptakan laptop jadi hang. Harddisk yang rusak, biasanya disebabkan lantaran bad sector.

Dalam harddisk, terdapat jutaan hingga ratusan juta sector. Biar tidak ribet, menyerupai ini:

Ada sebuah rak buku, dimana buku-buku tersebut masih elok dan seluruh buku tersebut dibaca semua setiap hari oleh 1 orang dan suatu ketika, orang tersebut menemukan 1 buku yang rusak sehingga bukunya jadi sulit terbaca.

Akibat buku yang sulit terbaca tersebut, alhasil rutinitas membaca orang itu jadi melambat, bahkan terhenti.

Sama menyerupai harddisk, yang kesulitan membaca file dalam sistem, hingga alhasil menciptakan loading melambat bahkan macet/hang.


Ada 2 opsi untuk mengatasi laptop yang hang akhir kerusakan harddisk. 

Pertama:

Cek dulu kerusakan harddisk dengan HDTune atau software sejenisnya. Kemudian jikalau kasatmata bad sector, teman sanggup mencoba untuk memperbaikinya dengan cara membaca artikel berikut: 3 cara gampang memperbaiki Harddisk Bad Sector 

Kedua: 

Mengganti harddisk tersebut dengan yang gres jikalau yang rusak yakni rusak fisiknya dan tidak sanggup diperbaiki dengan artikel cara perbaiki harddisk bad sector diatas. Sobat juga sanggup mempertimbangkan untuk upgrade ke:


6. Mempertimbangkan untuk upgrade SSD



SSD beda dengan Harddisk, cara kerja hingga cara penggunaan harian, tapi intinya fungsinya untuk storage juga.

SSD mempunyai kecepatan yang sangat jauh dari harddisk, sehingga sangat cocok untuk teman yang ingin startup laptop nya jadi cepat kembali.

Pengalaman pribadi saya menggunakan SSD, komputer menjadi 6 sampai 7 kali lebih cepat dibanding ketika menggunakan harddisk. (Mulai dari PC nyala hingga Windows siap digunakan).

Karena kapasitasnya lebih kecil dari harddisk, teman sanggup menggunakan SSD khusus file sistem dan software-software yang sering digunakan.

Bagaimana dengan file lama? 

Jika harddisk teman masih sanggup digunakan, teman sanggup menyimpan data-data usang tersebut dengan menimbulkan harddisk usang tadi menjadi harddisk eskternal.


Nah, demikian Cara mengatasi Laptop Hang / Macet ketika gres Startup. Cara ini sanggup digunakan di semua jenis laptop dan semua versi windows. Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan versi Windows lainnya.

Sobat sanggup menggunakan meningkatkan secara optimal harian untuk menjaga performa dari laptop sobat. Dan juga, jikalau teman lemotnya bukan di startup, tapi ketika dipakai, maka teman harus baca: 11 Cara efektif atasi laptop atau PC lemot. 

Sekian, terima kasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel