4 Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working (100% Work)

Cara mengatasi Windows explorer stop working - Windows, ialah OS (Operating System) Komputer yang paling terkenal hingga dikala ini. Penggunaannya mudah, kompabilitas aplikasi yang sangat banyak, dan tampilannya yang elok mungkin menjadi 3 alasan utama kenapa orang-orang sangat menyukai OS ini.

Di Windows sendiri ada satu fitur inti semoga Windows dapat dijalankan. Yakni Windows Explorer, yang berfungsi sebagai UI (User interface)..

Nah, ada satu problem yang kadang terjadi di Windows Explorer, yakni Stopped Working (Force Close).

Saat problem ini terjadi, biasanya explorer akan not responding terlebih dahulu, kemudian muncul pesan " Windows Explorer Has Stopped Working", dan kemudian akan menciptakan seluruh icon serta taskbar pada Windows jadi menghilang. Seperti ini :

Cara mengatasi Windows explorer stop working  4 Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working (100% Work)


Masalah ini tentu saja cukup bikin repot. Mengingat fungsinya yang vital sebagai UI. Otomatis, kita jadi tidak dapat menjalankan PC / Laptop dengan normal..

Masalah Not responding hingga stopped working ini sendiri dapat terjadi dan pernah saya alami sendiri di beberapa  versi Windows. Seperti Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Bahkan, beberapa versi Windows dibawahnya pun mungkin saja dapat terjadi.

Nah, disini saya ingin membahas, cara mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working, untuk teman yang barangkali sedang mengalami problem ini, tapi galau cara memperbaikinya..

Gak pake lama, berikut pembahasannya :


#1. Cek Storage

 

Storage (Asumsi Harddisk) ini sangaat bersahabat kaitannya dengan problem sistem. Secara, harddisk merupakan daerah dimana Windows terinstall. Ada beberapa problem yang biasa terjadi pada harddisk, dan salah satunya ialah bad sector.

Bad sector, ialah kondisi dimana sektor-sektor pada harddisk mengalami kerusakan, sehingga menciptakan data didalamnya jadi tidak terbaca. Bad sector biasa terjadi disebabkan lantaran problem suplay daya listrik yang tidak stabil, harddisk tergoncang, bahkan terjatuh.

Lalu, apa hubungannya dengan Windows Explorer?

Sangat berhubungan. Jika bad sector yang ada terkena sistem, maka Windows akan mengalami penurunan performa dan error pada fungsi-fungsi tertentu. Termasuk problem Explorer Stopped Working..

Nah, maka dari itu, teman harus mengecek terlebih dahulu, barangkali harddisk yang dipakai sudah rusak. Sobat dapat mengeceknya dengan software tertentu ibarat HDTune..


Cara mengatasi Windows explorer stop working  4 Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working (100% Work)

Tapi kalau harddisknya masih normal, dapat coba cara selanjutnya..


#2. Scan system dengan CMD

 

Langkah selanjutnya, teman dapat melaksanakan verifikasi barangkali ada file sistem yang rusak. Proses verifikasi ini dapat dilakukan dengan memakai Command Promt (CMD).. Berikut caranya :

  • Klik Start
  • Pada kolom search, ketik CMD, >> Klik kanan, kemudian run as administrator

Cara mengatasi Windows explorer stop working  4 Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working (100% Work)

  • Ketikkan "Sfc /scannow" tekan enter kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.

Cara mengatasi Windows explorer stop working  4 Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working (100% Work)


Waktu prosesnya sendiri bergantung dari kinerja komputer yang teman gunakan. Bisa cepat dapat juga lama.. Makara dinantikan saja. Oh iya, jikalau ada pesan untuk masukkan CD Installer, silakan masukkan CD Installer yang diperlukan.

Jika sudah, lanjut lagi dengan cek drive sistem.. Caranya :

  • Masuk ke computer
  • Klik kanan drive system (Biasanya drive C:) >> Lalu klik properties
  • Pergi ke Tab tool >>  Pada kolom Error checking, Klik Check
  • Lakukan Scan Drive dan tunggu prosesnya hingga selesai. 
 
Cara mengatasi Windows explorer stop working  4 Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working (100% Work)



#3. Menggunakan System Restore

 

System restore, merupakan salah satu fitur Windows yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi Windows ke waktu tertentu. System restore ini dapat sangat membantu untuk memperbaiki aneka macam error pada Windows, terutama error pada file system.

Untuk menjalankan system restore, caranya berbeda-beda tergantung dari versi Windows yang teman gunakan. Sebagai pola Windows 7 dan Windows 10.. Keduanya mempunyai UI System restore yang berbeda..

Solusinya?

Sobat dapat mencarinya lewat Youtube, dengan kata kunci "System Restore Windows 10" (Misalnya)..


#4. Install ulang

 

Terakhir, kalau masih tidak dapat juga, mau tidak mau teman mesti menginstall ulang Windows sobat. Kesimpulan dari 3 poin sebelumnya, kebanyakan pnyebab Explorer Has Stopped Working itu biasanya ada pada file sistem yang rusak atau corrupt.

Error  corrupt sistem sendiri dapat dihilangkan dengan efektif dengan cara install ulang. Karena dengan install ulang, data-data sistem usang akan di-replace dengan data sistem baru.. Sehingga semua error jadi hilang.

Untuk install ulang, saya sarankan untuk men-delete disk (Setelah disk diformat), semoga drive yang ingin diinstall benar-benar fresh.


Penutup...

 

Demikian, 4 cara singkat untuk mengatasi Windows Explorer has Stopped Working. Cara diatas saya jamin work.. Karena sudah saya tes sendiri, hingga dikala ini errornya sudah hilang dan belum pernah muncul lagi 😃

Sobat dapat mencoba satu persatu tips yang paling pas.. Dan jangan lupa ikuti pelan-pelan..

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel