2 Cara Scan Dokumen Atau Foto Dengan Printer (Berhasil!)

Melakukan scanning, dikala ini sanggup dibilang cukup penting. Misalnya, bila Anda ingin menciptakan suatu dokumen tertentu dan ingin diedit menggunakan komputer, akhirnya akan jauh lebih elok bila menggunakan scanner.
Nah, sayangnya, cara scan dokumen (atau foto) dikala ini kurang banyak diketahui. Alasannya alasannya yaitu lebih banyak didominasi orang-orang dikala ini kebanyakan lebih menentukan untuk menggunakan jasa scanning.
Saya sendiri jujur saja, sebelumnya juga belum tahu caranya.
Cerita sedikit, saya ini cukup hobi menggambar huruf tertentu. Biasanya, hasil gambarnya tidak saya warnai (Karena kurang jago). Nah, belakangan ini saya ingin menimbulkan hasil gambar saya menjadi foto profil di media sosial.

Namun, alasannya yaitu kalau tanpa warna akhirnya akan jelek, maka saya putuskan untuk mewarnainya lewat Komputer. Dari situ, barulah saya kepikiran menggunakan scanner.

Selain untuk scan gambar tangan menyerupai yang saya lakukan, melaksanakan scanning juga sanggup bermanfaat untuk banyak sekali hal, referensi paling sering untuk membackup dokumen penting.

Karena dokumen atau foto yang berbentuk kertas, sanggup saja hilang atau rusak. Nah, dengan dijadikan sebagai data digital, setidaknya kita sanggup berjaga-jaga.

Cara Scan Foto Atau Dokumen Menggunakan Printer


Hal yang pertama Anda butuhkan, yaitu sebuah printer. Tapi bukan printer biasa, printer tersebut harus ada fitur scannernya.

Beberapa waktu kemudian ketika terakhir saya lihat-lihat, harga printer dengan fitur scan ada pada rentang 800 ribuan hingga 2 juta (Atau lebih). Tapi mungkin dikala ini Anda sudah sanggup menemukan yang lebih murah.

Untuk Anda yang berpikir "Mahal", berdasarkan saya tidak juga. Karena printer dengan fitur scan, banyak juga yang mempunyai fitur lain, misalnya menyerupai Fotokopi hingga Fax.


Persiapan...


Kalau Anda sudah punya printernya, pastikan driver yang diharapkan sudah terinstall. Karena bila belum nanti printer tersebut jadi tidak terbaca dan tidak sanggup berjalan. Silakan cari filenya melalui CD atau DVD printer tersebut. Atau sanggup cek melalui situs resmi dari Printer yang Anda pakai.

Jika sudah, pastikan di Komputer atau Laptop Anda sudah terinstall software Adobe Photoshop. Untuk versinya bebas, tapi yang biasa digunakan ada di CS4 keatas (Disini saya pakai CS6).

Lanjut, berikut cara scannya :


1. Cara Scan Foto Dengan Printer Memakai Adobe Photoshop

 
Yang pertama yaitu Adobe Photoshop. Alasan saya menciptakan tutorial dengan Photoshop disini alasannya yaitu biasanya orang-orang sering melaksanakan pengeditan pas foto (Foto 2x3, 3x4 dan 4x6) lewat hasil scan.
 
Nah, begini cara scan menggunakan Adobe Photoshop, yang saya sanggup dari kenalan dulu (Waktu sedang mencetak gambar).
 
1. Sambungkan kabel power printer ke stop kontak, dan sambungkan juga kabel USBnya ke Laptop / PC yang dipakai. Setelah itu tunggu hingga printernya terbaca.
 
2. Masukkan foto atau dokumen kedalam scanner.
3. Buka photoshop -> Klik  file -> import -> Pilih jenis scanner yang teman pakai (Pada WIA Support).

 bila Anda ingin menciptakan suatu dokumen tertentu dan ingin diedit menggunakan komputer 2 Cara Scan Dokumen Atau Foto Dengan Printer (Berhasil!)

4. Ketika teman sudah menentukan scanner, akan muncul kotak obrolan setting. Pilih "Color picture" bila teman ingin scan foto.
5.  Klik 'Scan' dan tunggu beberapa saat.
6. Foto berhasil di scan, teman sanggup mengeditnya terlebih dahulu atau pribadi menyimpannya ke harddisk sobat.

Tutorial diatas yaitu tutorial scanning foto dengan software adobe photoshop. Saya belum tes untuk men-scan dokumen, tapi tampaknya sanggup untuk dicoba.

Untuk teman yang bingung, bagaimana cara scanningnya, sanggup melihat video youtube berikut:





Yang kedua, tanpa mempunyai software adobe photoshop, gotong royong windows sudah memfasilitasi OS untuk scan dengan agenda scan bawaan.

Nama programnya  "Windows fax and scan".

Program ini tersedia di windows 7, 8 dan 10. Untuk versi windows lainnya, silakan di cek sendiri.

Cara untuk men-scannya sangat mudah. Berikut tutorialnya:

2. Tutorial scan foto atau dokumen dengan agenda bawaan windows:



1. Nyalakan komputer atau laptop sobat.
2. Sambungkan kabel power printer ke stop kontak.

3. Sambungkan juga kabel USB ke laptop sobat.

4. Jika sudah tersambung semua dengan baik, tunggu beberapa dikala hingga printer terbaca dengan baik.

5. Masukkan foto yang ingin di scan ke dalam scanner.  

6. Buka agenda scan bawaan windows dengan cara: Klik start -> Pada kotak search -> Ketik "Windows fax and scan".




 bila Anda ingin menciptakan suatu dokumen tertentu dan ingin diedit menggunakan komputer 2 Cara Scan Dokumen Atau Foto Dengan Printer (Berhasil!)


7. Jika agenda sudah terbuka, klik 'new scan' pada bab pojok kiri atas.

8. Lalu pilih printer scanner yang teman gunakan Jika sudah, klik 'OK'.


9. Biarkan settingan pada bab "profile" dan "source". Pada setting bab resolusi, sanggup diubah-ubah sesuai kebutuhan. Semakin tinggi akan semakin terperinci (Paling sering digunakan '300').

10. Klik terlebih dahulu 'Preview' untuk melihat hasil scan printer scanner sobat.

11. Klik 'Scan' untuk menyimpan dokumen yang sudah teman scan tadi.

12. Untuk melihat hasil scan tadi, klik hasil scan pada bab list pada kotak hasil scan.


Sekian, cara lengkap scan dokumen atau foto dengan printer. Silakan teman untuk mencoba-coba sendiri setting settingan scan untuk mendapat hasil yang terbaik.
Mungkin masih banyak cara lain yang sanggup digunakan untuk melaksanakan scanning. Tapi hanya 2 cara diatas yang sanggup saya bagikan.

Semoga cara diatas sanggup membantu teman yang ingin melaksanakan scanning dokumen atau foto dengan printer sobat.
Terima kasih 
 





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel